Laporan Pertanggung Jawaban Ketua Umum HMJ Akuntansi UNJ Kabinet Laskar SIAGA 2012-2013

HMJ AKUNTANSI PERIODE 2012-2013
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA


Yang terhormat, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, beserta Komisi Pengawasan HMJ Akuntansi dan juga anggota serta pengurus…
Yang Saya cintai dan saya banggakan jajaran pengurus Laskar SIAGA Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2012-2013...
Izinkanlah saya menyampaikan salam keselamatan dari penguasa alam semesta, yang menggenggam setiap jiwa dan tak satupun yang luput dari pengawasan-Nya :
Assalamu’alaikum Wr. Wb….!!!

A. PENDAHULUAN
”……bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang Mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.
(QS. At-Taubah ayat 105)

Puji syukur kita panjatkan kepada Alloh SWT yang selalu memberikan kita kenikmatan, kelancaran dan kekuatan dalam menjalankan amanah yang di kampus Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi. Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW yang membimbing manusia dari dunia gelap gulita penuh kebodohan menjadi terang benderang dengan segala ilmunya yang membuat manusia selalu berjalan di jalan yang haq dari Sang Pencipta.



Perjalanan Sang waktu menyadarkan semua insan bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini akan berakhir. Maka terbentuklah kenangan yang memenuhi ruang memori kita, tentang apa yang sudah kita pikirkan, katakan, dan kerjakan dalam mengisi sang waktu. Tentu saja dengan segala nilai, makna dan penghayatan yang menyertai semua itu. Namun, tidak hanya kenangan, di sana ada suatu masa ketika kita harus mempertanggungjawabkan seluruh pilihan hidup atas anugerah waktu tersebut.



Sang waktu mengabarkan bahwa kepengurusan HMJ Akuntansi FE UNJ Periode 2012-2013 telah berakhir. Kini, izinkanlah kami menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta periode 2012-2013. Hal ini merupakan keniscayaan bagi kami untuk mempertanggungjawabkan semua yang kami lakukan di HMJ Akuntansi FE UNJ kepada mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Rapat Tahunan Anggota HMJ Akuntansi dan kepada Sang Pencipta di akhirat kelak.

Semoga Laporan Pertanggungjawaban ini memberikan gambaran tentang seluruh dinamika yang terjadi di HMJ Akuntansi FE UNJ selama periode 2012-2013.

Berkarya dan Berdidikasi di Jurusan Akuntansi FE UNJ melalui organisasi kemahasiswaan yang satu-satunya berdiri di Jurusan ini yaitu HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (HMJ Akuntansi FE UNJ) merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Alloh kepada mahasiswa Akuntansi FE UNJ tidak terkecuali saya sendiri. Sungguh tidak terkira berapa banyak pelajaran di luar kuliah bisa didapatkan di organisasi ini selama menjadi Pilot HMJ Akuntansi FE UNJ

Berinteraksi dengan berbagai pihak yang dahulu belum pernah terbayangkan sama sekali menjadi hal yang biasa dan harus bisa menyesuaikan dengan cepat agar dapat diterima oleh berbagai pihak. Tantangan besar saya kira tidak hanya datang dari dalam saja, namun tantangan dari luar untuk bisa memberikan sumbangsih nyata bagi bangsa Indonesia sangat dinantikan oleh para pejuang – pejuang muda seperti kami yang masih terus mengasah dan mempertahankan semngat idealisme mahasiswa yang semakin lama tergerus oleh system perkuliahan yang tidak pandang bulu.

Perjuangan itu tidaklah semudah membalikkan tangan, namun di sertai dengan tangis sedih, gelak tawa, ketabahan hati dalam menjalankan konsistensi perjuangan yang terus mendapatkan ujian untuk tumbang. Amanah yang saya emban dengan pada awal kepengurusan sempat membuat hati ini bimbang apakah diri ini mampu mengemban tugas tersebut, namun segala menjadi indah ketika semua hal tersebut dilandasai atas sikap ikhlas. Rasa ikhlas menuntut jiwa dan raga ini agar terus bergerak tanpa lelah menapaki ranjau – ranjau kehidupan dengan ketabahan jiwa untuk terus belajar dan mencari hikmah dari setiap kejadian di dunia. Keyakinan yang tertanam pada diri ini adalah amanah merupakan bagian dari minyak yang akan menyulut semangat kita untuk terus berkembang menjadi pribadi yang bijaksana dan maju dalam berfikir.

Berawal dari hal tersebut, kepengurusan HMJ Akuntansi FE UNJ Kabinet Laskar Siaga. (Satu Ikatan Akuntansi Siap Menggalang Amanah) menuliskan sebuah catatan perjuangan mahasiswa atas nama keadilan dan kebenaran. Catatan ini menjadi saksi para pemuda –pemuda yang tidak hanya egois mementingkan dirinya sendiri dengan ilmu yang dipelajari di kampus UNJ, namun ini merupakan catatan perjalanan perjuangan anak bangsa yang bergerak dalam ranah organisasi pemerintahan kemahasiswaan sehingga gagasan – gagasan pemuda tersebut mampu secara langsung diaplikasikan di masyarakat meskipun tidak semua gagasan tersebut bersifat solutif namun hal itu merupakan sebuah langkah awal bagi mahasiswa bagaimana dirinya berkontribusi secara nyata kepada masyarakat lingkungannya.

Sungguh beruntung bagi siapapun yang dikaruniai Alloh SWT kepekaan untuk mengamalkan aneka pernik peluang kebaikan yang diperlihatkan Alloh SWT kepadanya. Beruntung pula orang yang dititipi Alloh SWT aneka potensi kelebihan oleh-Nya, dan dikaruniakan pula kesanggupan memanfaatkannya untuk sebanyak-banyaknya umat manusia. Karena derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari sejauhmana dirinya punya nilai manfaat bagi orang lain. Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda,“Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain” (H.R. Bukhari).

HMJ Akuntansi...
Berkarya... Berdedikasi... dalam Harmoni Akuntansi...

B. DINAMIKA ORGANISASI
HMJ AKUNTANSI memiliki posisi-posisi yang penting yang perlu ditempati sebelum periode kepengurusan tersebut berjalan. Untuk mencapai tujuan-tujuan bersama dan memiliki rasa kebersamaan dalam akuntansi maka perlu dimiliki rasa kebersamaan disetiap pengurus HMJ AKUNTANSI. Posisi-posisi tersebut mulai dari BPH, KADIV dan WAKADIV, KABIR dan WAKABIR serta STAFF didalamnya. Diawali dengan terpilinya saya sebagai ketua HMJ AKUNTANSI periode kepengurusan 2012-2013. Sebuah tugas baru dalam perjalanan organisasi saya diberikan amanah sebesar ini, meskipun ini adalah tugas yang baru bagi saya tetapi bukanlah menjadi hal yang dapat mematahkan semangat saya untuk menggapai cita-cita HMJ AKUNTANSI. Kemudian sebelum mencari KADIV dan WAKADIV, KABIR dan WAKABIR serta STAFF saya memutuskan untuk melengkapi terlebih dulu posisi-posisi di BPH inti yaitu Sekretaris Jenderal, Sekretaris Umum, Bendahara 1, serta bendahara 2. Sebelumnya memang pilihan yang sangat sulit ketika menentukan posisi-posisi dalam kepengurusan HMJ AKUNTANSI tetapi alhamdulillah mereka yang ada dalam HMJ AKUNTANSI periode 2013-2014 merupakan TIM TERBAIK bagi saya saat ini.

Posisi Sekretaris Jenderal saya amanahkan kepada sahabat saya Ikhwan Ahmad Prayogo, beliau sering disapa dengan sapaan “Yogo”, Sekretaris Jenderal memiliki tugas dan amanah untuk menjadi Pemegang kendali Internal HMJ Akuntansi FE UNJ dan pendamping saya. Didampingi oleh Yogo, sosok yang Pendiam dengan Kacamata khasnya, namun dibalik sosok pendiamnya Yogo juga sosok yang humoris dan sering memiliki ide-ide yang brilian dikala pertemuan. Eks staf Kaderisasi HMJ Akuntansi periode lalu juga aktif sebagai pengurus di G-PES Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI FE UNJ) dan kabarnya akan dicalonkan untuk maju menjadi Calon Ketua KSEI FE UNJ tahun ini.

Kemudian posisi Sekretaris Umum saya amanahkan kepada Ade Yulianti Hasibuan, beliau sering disapa dengan sapaan Ade, sekretaris Umum memiliki tugas dan amanah yang cukup berat di emban karena amanah ini memang menuntut ketelitian dan keakuratan yang begitu tinggi terkait masalah surat menyurat dan administrasi. Ade merupakan orang yang tepat memegang amanah tersebut karena beliau merupakan sosok yang cerdas yang memiliki semangat juang dan ketelitian dalam hal-hal mendetail. Disamping itu menurut teman-teman di HMJ Akuntansi Ade merupakan orang yang periang, imut, dan lucu yang memberikan warna tersendiri bagi organisasi ini. Ade yang merupakan Eks staf Riset dan Edukasi HMJ Akuntansi periode lalu pun aktif di HUMAS UNJ dan beliau pun memegang amanah disana.

Posisi bendahara 1 saya amanahkan kepada teman sekelas saya Presdinasfri Davisti Chombe Listianingrum, dari namanya yang panjang ini beliau hanya disingkat dengan sapaan “Pres”. Posisi bendahara 1 memilki tugas untuk mengatur keuangan HMJ AKUNTANSI yang diperoleh dari Eksternal lembaga seperti Dekanat, Rektorat, DIKTI, POM, dll. Sumber keuangan yang didapat dari Eksternal lembaga memiliki jumlah yang cukup besar sehingga tidak sembarang orang untuk memegang posisi ini tidak hanya diperlukan keahlian dan pengalaman tetapi juga kecermatan dan kejujuran dalam memegang amanah ini. Pres yang merupakan Eks Staf Kaderisasi HMJ Akuntansi periode lalu merupakan orang yang tepat untuk memegang amanah ini karena beliau memiliki kecermatan serta kejujuran dan juga beliau memiliki pengalaman di bidangnya dalam mengelola keuangan yang cukup besar jumlahnya.

Posisi bendahara 2 di amanahkan kepada teman saya Citra Rizqi Amanda, posisi bendahara 2 memiliki tugas untuk mengelola keuangan yang bersumber dari internal uang kas HMJ AKUNTANSI. Tugas yang cukup berat di emban karena kas HMJ AKUNTANSI ini berasal dari staff HMJ AKUNTANSI, dibutuhkan tingkat kecerewetan dan kebawelan yang maksimal dalam menjalankan amanah ini tetapi tetap cermat dalam mengambil keputusan. Citra yang merupakan Eks Staf Kaderisasi HMJ Akuntansi periode lalu memiliki kompetensi yang tinggi untuk memegang amanah bendahara 2 ini. Citra juga aktif di beberapa organisasi seperti PPMB FE dan Marching Band.

Alhamdulillah, BPH terbentuk dengan lima orang personil yang memiliki ragam karakteristik Dengan tugas yang telah diamanahkan kepada kami di BPH HMJ AKUNTANSI ragam inilah yang menjadi pemersatu kam untuk menjadi tim solid sehingga terbentuklah jargon kami “TOGETHER WE CAN” sejatinya tugas ini perlu diemban dengan tidak hanya berbicara saja tetapi perlu tindakan yang memiliki nilai didalamnya sehingga kami berusaha untuk memiliki nilai tersebut ketika “BEKERJA CEPAT BERPIKIR CERMAT BERTINDAK TEPAT”.

Kemudian Kawadivbir terbentuk dan turut melengkapi kabinet Laskar SIAGA. Biro kestari dengan jargon CLEAR-nya dikepalain oleh Tri Rahmawati, Danus dengan PROFIT-nya dikepalai oleh Fenny Suryani Azmar dan Wakabir Christina Oktavia Stefani, Kaderisasi yang selalu READY di kepalai oleh Syarifah Rochmaniyyah dan Wakil Taufik Firmansyah, RE yang dengan LOVE-nya dikepalai oleh Fadhli Qordhowi, IT yang selalu CHEER UP dikepalai oleh Augi Asam, dan Kesma yang selalu SPIRIT dikepalai Arif Swandaru dan Wakil Garin Prilaksmana. Kawadivbir yang insya Allah senantiasa menjadi teladan bagi staff-nya, membimbing staff disetiap proker yang dijalankan dan dapat menjadi sahabat terbaik untuk menumpahkan curahan hati para staff-nya. Kami bersatu untuk tekad dan tujuan yang sama, melanjutkan perjuangan menuai kebermanfaatan di Akuntansi FE UNJ pada khususnya.

Inilah yang telah kami Kontribusikan ditengah keterbatasan Sumber Daya Manusia, Waktu, dan Kesempatan. Masih jauh dari sempurna atau mungkin dari cukup.
Teruntuk para Pimpinan, yang telah rela dipimpin oleh pribadi yang Kecil ini. Terima kash atas senyum ikhlas yang mengantarkan diri ini berani menerobos belantara kehidupan. Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepada saudaraku Ikhwan Ahmad Prayogo, Ade Yulianti Hasibuan, Presdinasfri Davisti Chombe Listianingrum, Citra Rizqi Amanda, Tri Rahmawati, Fenny Suryani Azmar, Christina Oktavia Stefani, Syarifah Rochmaniyyah, Taufik Firmansyah, Fadhli Qordhowi, Augi Adam, Arif Swandaru dan Garin Prilaksmana.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;