“Gue Bangga Jadi Mahasiswa UNJ”

UNJ dahulu, kini, dan nanti...
Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Ibukota RI ini, kampus UNJ memiliki magnet besar sebagai peranannya dalam mewujudkan visinya yakni memiliki keunggulan kompetitif membangun masyarakat Indonesia maju, demokratis & sejahtera berdasarkan Pancasila di era Global.

Menjadi guru yang dapat menjadi teladan bagi orang lainnya merupakan cita-cita dari putera dan puteri bangsa kita ini. Banyak sekali masyarakat yang sedari kecil mencita-citakan hidupnya kelak untuk menjadi seorang yang dapat mendidik anak-anak generasi muda agar dapat tumbuh dan menjadi insan yang lebih baik bagi bangsa dan negara serta dapat membantu membangun negara kita menjadi lebih baik dibandingkan yang lainnya.



Untuk dapat menjadi seorang tenaga pengajar yang berkualitas dan berkompeten, juga dibutuhkan pengalaman serta pengetahuan yang luas dan mendasar. UNJ akan memberikan jawaban kepada saudara saudari kita yang sedang kebingungan tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang guru yang teladan dan menjadi panutan. UNJ juga menawarkan suatu program yang akan mendidik para mahasiswanya agar setelah tamat ataupun sebelum tamat nanti dapat menjadi seorang guru yang profesional dan handal.


Setiap individu ingin menjadi seorang guru dengan alasan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki tujuan untuk mengabdikan dirinya sebagai tenaga pengajar yang akan mendidik jiwa serta pengetahuan dari anak-anak generasi muda di bangsa kita ini serta membantu mencerdaskan kehidupan berbangsa masyarakat kita. Ada juga yang memiliki tujuan yang bersifat pribadi yaitu hanya ingin menjadi pegawai negeri sipil. Sebagian mahasiswa telah menumbuhkembangkan benih-benih pikiran untuk menjadi pegawai negeri sipil semenjak ia kuliah. Ada yang menganggap bahwa pegawai negeri sipil pekerjaannya lebih mudah dan santai serta nanti jika pensiun akan diberikan bantuan yang cukup bagus. Hal inilah yang menjadi motivasi serta inspirasi bagi para siswa-siswi yang mendaftar untuk masuk ke dalam kampus UNJ ini.

Diluar dari semua alasan yang pribadi maupun tidak pribadi tersebut, UNJ juga memiliki misi dan komitmen untuk dapat mencetak dan menghasilkan tenaga kerja yang benar-benar terdidik, handal, dan professional serta tidak hanya mengejar tujuan yang bersifat prbadi. UNJ memprioritaskan agar semua tenaga pendidika yang lahir dari Universitas ini haruslah berkualitas. Tanggung jawab juga merupakan bagian terpenting dan tidak terpisahkan dari misi dan komitmen UNJ tersebut.

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa mengkuliahkan anaknya di UNJ akan menjadikan sebagi tenaga pengajar yang benar benar handal dan dapat bersaing secara sehat untuk memajukan kehidupan bangsa Indonesia. Oleh sebab itulah, citra baik dari UNJ ini sebaiknya tidak mudah untuk hilang begitu saja. UNJ memang bukanlah salah satunya Universitas yang memfokuskan dirinya untuk menghasilkan calon guru yang terbaik, namun ada juga universitas lain yang sama sama memfokuskan dirinya agar dapat menghasilkan lulusan yang benar-benar berkualitas untuk menjadi seorang guru yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI – Bandung), Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, dll.

Sebagai upaya mensejajarkan namanya di tingkat Nasional Kini, UNJ saat ini membuka beberapa jurusan non kependidikan. Seperti di Biologi, Kimia, Matematika, Fisika murni (FMIPA), Bahasa dan Sastra Inggris (FBS), Sosiologi Pembangunan (FIS), Akuntansi, Manajemen (FE). Dengan dibukanya beberapa jurusan dan program studi non kependidikan diatas diharapkan dapat menaikkan citra dan mensejajarkan namanya dengan Universitas-universitas unggulan lainnya. Penulis disini pun saat ini sedang menyelesaikan di Jurusan Non Kependidikan ( Akuntansi).

UNJ kini bukan sebuah kampus yang hanya berorientasi pada pendidikan guru semata, namun telah mengadopsi perspektif baru yang membuat prospek ke depan menjadi luas, dan juga pilihan untuk berkuliah di UNJ menjadi opsi yang diharapkan mampu bersaing dengan kampus-kampus ternama di era reformasi ini. Berlokasi di daerah ibukota, disinyalir mampu menjadikan UNJ bersaing dengan “Universitas Indonesia” yang merupakan kampus terbaik di Indonesia dari segi akademik yang didasarkan pada rating di Asia dan dunia.

Kampus UNJ saat ini sedang mengalami masa pembangunannya, ketika sejenak membandingkannya ketika saya masuk pertama kali di kampus ini pada tahun 2010 sangat berbeda jauh. Dimulai dari pembangunan dan Renovasi Gd. Rektorat, Gd. Syafei, lalu Gd. Pasca Sarjana, Sebuah Rancangan gedung pendukung fasilitas pendidikan di samping Masjid Alumni Nurul Irfan, hingga Gedung Parkir. Semua kendaraan bermotor nantinya akan dipusatkan seluruhnya di Gedung tersebut. Hingga pada akhirnya Kampus UNJ menjadi kampus yang asri dan hijau tanpa dikelilingi oleh semrawutnya kendaraan bermotor yang malang melintang di kampus ini. Hingga saat ini juga telah dibangun 2 buah gedung secara sekaligus untuk penunjang pendidikan di UNJ. Dana tersebut berasal dari mitra IDB (Islamic Development Bank). Semoga dengan pembangunan seluruh infrastruktur di kampus UNJ ini dapat meningkatkan citra dan mensejajarkan kualitasnya secara Nasional maupun Internasional. Dan hingga seluruh Visi Misi dan Rencana Strategis UNJ yang telah diusung diawal dapat terealisasikan.


UNJ di tengah serbuan Universitas Swasta Terbaik Jakarta
Meskipun di Jakarta terdapat begitu banyak Universitas Swasta yang terkemuka serta telah dikenal oleh banyak masyarakat, UNJ tidak pernah sekalipun terlihat melemah dan tergeser oleh universitas universitas swasta lainnya. Masyarakat Indonesia telah mempercayakan UNJ sebagai tempat menitipkan anak anak mereka untuk belajar menjadi seorang guru yang terampil dan handal nantinya. Etika serta moral yang luhur juga akan dididik dengan baik oleh UNJ agar lulusan tidak hanya terampil dalam pikiran, tetapi juga memiliki budi pekerti yang luhur serta dapat menempatkan dirinya di tengah tengah lingkungan sosial. Inilah modal utama yang dimiliki oleh UNJ agar dapat tetap bertahan dan eksis hingga saat ini.


“Gue Bangga Jadi Mahasiswa UNJ”
Itulah sebuah spanduk yang terpampang di teater terbuka dan kemudian dipindahkan di koridor depan Gedung Perpustakaan. Ukurannya besar kurang lebih 8x1 meter. Spanduk itu memang banyak mencuri perhatian. Terutama pada mahasiswa baru (Maba) UNJ angkatan 2012. Banyak teman-temanku yang singgah sebentar untuk sekadar berfoto di depan spanduk besar tersebut. Dan ada sebuah kebanggaan yang terpancar setelah melihat spanduk besar tersebut.

Pendidikan memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan yang bagus memiliki korelasi positif dengan meningkatnya standar kualitas multi dimensi suatu negara. Kualitas tersebut antara lain mencakup kualitas ekonomi, dan kesejahteraan sosial sehingga akhirnya melahirkan peradaban bangsa Indonesia yang bermartabat.

Semoga kampusku, kampus UNJ yang saat ini sebagai wajah cermin kampus Pendidikan Indonesia dapat menjadi kampus kebanggaan yang tetap menjadi pelita bagi tonggak perkembangan dan kemajuan Pendidikan Indonesia

“I’m Proud to be Student of State University of Jakarta...”
Hidup Mahasiswa...!!!
Hidup Kampus Pendidikan...!!!

*Essay ini saya tulis sebagai PraSyarat Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa tingkat Universitas (PKMU UNJ 2012)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;